2018-07-18

Pengalaman Beli Domain Murah Abal-Abal

domain murah

Domain menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki jika Anda ingin membuat sebuah website atau blog. Tetapi, Anda harus berhati-hati saat membeli domain. Jangan karena tergiur dengan harga murah, domain yang Anda beli ternyata abal-abal, sama seperti yang saya alami baru-baru ini.

Awalnya saya sedang mencari domain .com dengan harga terjangkau, karena perkara bujet yang terbatas. Saya pun mulai mencari domain murah di beberapa website penyedia domain, sambil berharap sedang ada promo untuk domain .com. Namun, saya tak kunjung menemukan domain dengan harga yang cocok dengan kantong. Sampai akhirnya saya masuk ke sebuah grup di Facebook dan menemukan beberapa penjual domain di sana.

Dari segi ekonomis, mereka memang menawarkan harga yang sangat miring dibandingkan dengan harga domain pada umumnya. Sebelum berprasangka lebih jauh lagi, saya kemudian menanyakan perihal akses domain dan biaya perpanjangan kepada beberapa penjual yang saya temui di grup diskusi itu.

Tak lama kemudian ada satu orang yang membalas pesan saya. Setelah merasa cukup yakin, saya pun melakukan pembayaran untuk domain com yang saya inginkan. Waktu itu saya membeli pada tanggal 12 April 2018 seharga Rp 50.000,00. Sementara harga perpanjangannya, kata si penjual, adalah Rp 70.000,00. Saya kira harga ini lumayan terjangkau, terlebih bagi yang punya bujet terbatas seperti saya.

Setelah itu si penjual domain mengonfirmasi untuk mengaktifkan domain yang saya pesan. Nah, kalau biasanya aktivasi domain butuh waktu kurang lebih 24 jam, domain ini langsung aktif satu jam kemudian. Ekspres sekali, batin saya. Sebagai informasi, saya membeli domain tersebut untuk redirect ke website saya yang lain. Jadi, tujuannya supaya website saya yang satu itu bisa diakses dengan dua domain sekaligus, yaitu .com dan .id.

Sebelumnya, si penjual menjelaskan bahwa domain tersebut tidak full access, dengan kata lain saya tidak memiliki hak akses penuh domain atau cuma mendapatkan domain saja. Saya pikir ini bukan masalah, karena yang terpenting saya tetap bisa menggunakan domain tersebut untuk redirect ke website saya.

Adapun cara si penjual me-redirect domain tersebut ke website saya adalah melalui perantara Blogspot. Dia membuat sebuah blog dengan nama domain yang saya beli, kemudian dia menambahkan script di blog tersebut supaya saat blog diakses akan langsung ter-redirect ke website saya. Kemudian blog tersebut diserahkan kepada saya. Sampai di sini belum muncul masalah apapun.

Domain Murah Mulai Tidak Bisa Diakses


Sekitar satu bulan setelah pembelian, saya masih bisa mengakses website saya melalui domain .com yang saya beli di si penjual tadi. Tetapi, kemudian saya tidak pernah lagi mengakses website saya menggunakan domain tersebut, sampai hal mengejutkan terjadi pada 16 Juli 2018 lalu. Sore hari itu saya mencoba membuka website dengan domain .com, tetapi malah diarahkan ke laman Mercusuar. Merasa curiga, lalu saya cek ketersediaan domain tersebut di www.masterweb.com, dan ternyata statusnya tersedia. Kok bisa?

domain murah

Logikanya, jika sebuah domain tidak diperpanjang lagi masa kepemilikannya, maka baru akan tersedia lagi untuk publik sekitar dua bulan kemudian. Nah, yang jadi pertanyaan saya, apakah domain ini langsung mati setelah dua bulan lalu tidak pernah saya akses lagi? Atau justru domain langsung tersedia lagi setelah mati karena tidak diperpanjang?

Kemungkinan yang terjadi adalah yang pertama, itu artinya masa berlaku domain seharga Rp 50.000,00 yang saya beli ini cuma sekitar satu atau dua bulan saja. Padahal, saya pikir masa berlakunya satu tahun, sama seperti kalau membeli domain di penyedia layanan lain.
Saya pun langsung menanyakan hal ini kepada si penjual. Lalu, si penjual memberikan jawaban seperti ini:

“Iya. Ini domain murah gan, masa aktif tidak dijamin 100%.”

Mau bagaimana lagi? Mungkin ini juga akibat keteledoran saya sendiri, karena di awal saya tidak menanyakan berapa lama masa aktif domain yang saya beli. Niat hati ingin menghemat pengeluaran, malah dapat domain abal-abal yang masa berlakunya hanya sebentar.

Tips Mendapatkan Domain Murah yang Berkualitas


domain murah

Supaya Anda tidak membeli domain murah abal-abal seperti yang saya alami, sebaiknya ikuti tips-tips berikut ini:

1. Beli di penyedia domain terpercaya, misalnya seperti MasterWeb, Niagahoster, RumahWeb, Domainesia, dan sebagainya.

2. Manfaatkan promo domain murah.

3. Berlangganan hosting yang menawarkan domain gratis selama masih berlangganan hosting tersebut.

3. Jika domain yang Anda inginkan sedang tidak promo, coba beli domain lain dengan harga yang lebih murah misalnya .xyz, .store, .online, .top, .club, dll.

4. Ikuti akun media sosial penyedia layanan domain atau hosting karena biasanya mereka sering mengadakan giveaway. Barangkali Anda beruntung dan bisa memenangkan sebuah domain gratis.

5. Jika terpaksa membeli domain murah dari personal yang ditemui di grup Facebook atau forum diskusi lainnya, tanyakan segala hal mengenai domain tersebut secara lengkap mulai dari masa berlaku, hak akses domain, asal domain, dan harga perpanjangan. Jika merasa yakin, tidak masalah membeli domain dari personal, mungkin mereka memang reseller dari salah satu website penyedia layanan domain dan hosting.
Load disqus comments
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar