2018-04-03

Komik Sepakbola “Menembus Jantung Pertahanan”

komik menembus jantung pertahanan

Anak-anak generasi 90-an tentu sangat akrab dengan manga dan anime Captain Tsubasa. Kisah ini begitu digilai anak-anak pada zaman itu (sampai sekarang), hingga membuat mereka mencintai sepakbola. Bahkan legenda hidup sepakbola Prancis, Zinedine Zidane, ternyata juga menyukai Captain Tsubasa. Kisah perjalanan Tsubasa pula yang telah menginspirasi para pesepakbola Jepang untuk benar-benar membawa kesebelasan Negeri Matahari Terbit tampil di ajang Piala Dunia.

Akan luar biasa pastinya kalau hal itu juga dialami oleh tim nasional sepakbola Indonesia. Terinspirasi dari tokoh komik, lalu mulai menyukai sepakbola, hingga akhirnya menjadi pesepakbola profesional dan membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia. Narasi yang sangat indah, bukan? Namun bukan tokoh Captain Tsubasa yang menjadi inspirasi melainkan tokoh bernama Sakti, Senopati, Ciko, dan kawan-kawan, dari komik sepakbola “Menembus Jantung Pertahanan.”

Ya, ini adalah sebuah komik karya anak bangsa yang mengusung tema sepakbola. Sama seperti Captain Tsubasa, namun ceritanya tentu dibuat sesuai lingkungan dan kebiasaan orang-orang Indonesia.

Menembus Jantung Pertahanan


Tokoh Sakti adalah anak kelas 1 SMP penggila sepakbola yang ada di gambar sampul buku volume 1. Dia menyukai nomor punggung 20, mungkin terinspirasi dari eks penyerang timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. Sakti adalah anak angkat dari mantan pesepakbola profesional bernama Surya Purnawarman, yang sekaligus menjadi pelatih di SSB Balebunder, tempat di mana Sakti berlatih dan bermain.

komik menembus jantung pertahanan

SSB Balebunder juga memiliki dua pemain jagoan dengan ego tinggi, yaitu Senopati dan Ciko. Ketiganya—Sakti, Senopati dan Ciko—sama-sama bermimpi untuk menjadi pesepakbola terbaik dan memenangkan kejuaraan nasional.

Saat SSB Balebunder mendapat undangan untuk mengikuti turnamen nasional U-16, kesempatan ini pun tidak dilewatkan oleh pelatih Surya agar anak-anak didiknya bisa menggapai mimpi mereka untuk menjadi juara. Namun, berbagai rintangan telah menanti di depan, termasuk adanya salah satu kesebelasan kuat yang menjadi langganan juara turnamen, Sebelas Rajawali.

Sangat seru, bukan? Namun sayangnya, komik Menembus Jantung Pertahanan baru mengeluarkan dua volume saja. Volume pertama, menceritakan tentang perkenalan tokoh-tokoh utama, siapa saja mereka dan bagaimana sifatnya. Lalu di volume kedua, mulai diceritakan bagaimana SSB Balebunder membentuk tim dan mengikuti turnamen nasional.

Jika dilihat dari alur ceritanya, pembuat komik menekankan pentingnya kompetisi di tingkatan usia muda dalam sepakbola Indonesia. Dimana saat ini induk organisasi sepakbola nasional juga tengah mengembangkan pendidikan sepakbola usia muda. Keberadaan SSB pun memiliki peran krusial bagi anak-anak sebagai tempat bertumbuh dan mengembangkan bakat sepakbola mereka hingga menuju jenjang profesional kelak.

Ide cerita yang layak diapresiasi dari pembuat komiknya. Semoga ke depannya komik Menembus Jantung Pertahanan bisa menginspirasi anak-anak Indonesia seperti komik Captain Tsubasa.

Kapan Volume 3 Terbit?


Menurut info terbaru yang selalu dibagikan melalui akun Instagram @komikmjp, Menembus Jantung Pertahanan volume 3 masih dalam proses pengerjaan dan kemungkinan akan segera terbit dalam waktu dekat. Dalam bocoran gambar sampulnya juga ada satu nama baru—Mochammad Fadli—yang ikut menggarap komik ini.


Dapatkah SSB Balebunder menaklukkan lawan-lawannya di turnamen nasional? Seperti apa pertarungan sengit saat Sakti dkk. bertemu dengan kesebelasan Sebelas Rajawali? Menarik untuk ditunggu bagaimana kelanjutan kisah di komik garapan Juan Vito, Salman Kuntjoro Jakti dan Mochammad Fadli ini.

Komik Menembus Jantung Pertahanan volume 1 dan 2 dapat dibeli di sini.
Load disqus comments

0 komentar