Komik Sepakbola “Menembus Jantung Pertahanan”

komik menembus jantung pertahanan

Anak-anak generasi 90-an tentu sangat akrab dengan manga dan anime Captain Tsubasa. Kisah ini begitu digilai anak-anak pada zaman itu (sampai sekarang), hingga membuat mereka mencintai sepakbola. Bahkan legenda hidup sepakbola Prancis, Zinedine Zidane, mengakui bahwa ia ternyata juga menyukai Captain Tsubasa. Kisah perjalanan Ozora Tsubasa dan kawan-kawan pula yang telah menginspirasi para pesepakbola Jepang untuk benar-benar membawa kesebelasan Negeri Matahari Terbit tampil di ajang Piala Dunia.

Akan luar biasa pastinya kalau hal tersebut juga dialami oleh tim nasional sepakbola Indonesia. Terinspirasi dari tokoh komik, lalu mulai menyukai sepakbola, hingga akhirnya menjadi pesepakbola profesional dan membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia. Narasi yang sangat indah, bukan? Namun bukan tokoh Captain Tsubasa yang akan menjadi inspirasi mereka, melainkan tokoh bernama Sakti, Senopati dan Ciko dari komik sepakbola berjudul “Menembus Jantung Pertahanan.”

Ya, ini merupakan sebuah komik karya anak bangsa yang mengusung tema sepakbola. Sama seperti Captain Tsubasa, namun ceritanya dibuat sesuai lingkungan dan kebiasaan orang-orang Indonesia.

Menembus Jantung Pertahanan


Tokoh Sakti adalah anak kelas 1 SMP penggila sepakbola yang ada di gambar sampul buku volume 1. Dia menyukai nomor punggung 20, mungkin terinspirasi dari eks penyerang timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. Sakti adalah anak angkat dari mantan pesepakbola profesional bernama Surya Purnawarman, yang sekaligus menjadi pelatih di SSB Balebunder, tempat di mana Sakti berlatih dan bermain.

komik menembus jantung pertahanan

SSB Balebunder juga memiliki dua pemain jagoan dengan ego tinggi, yaitu Senopati dan Ciko. Ketiganya—Sakti, Senopati dan Ciko—sama-sama bermimpi untuk menjadi pesepakbola terbaik dan memenangkan kejuaraan nasional.

Saat SSB Balebunder mendapat undangan untuk mengikuti turnamen nasional U-16, kesempatan ini pun tidak dilewatkan oleh pelatih Surya agar anak-anak didiknya bisa menggapai mimpi mereka untuk menjadi juara. Namun, berbagai rintangan telah menanti di depan, termasuk adanya salah satu kesebelasan kuat yang menjadi langganan juara turnamen, Sebelas Rajawali.

Sangat seru, bukan? Namun sayangnya, komik Menembus Jantung Pertahanan baru mengeluarkan dua volume saja. Volume pertama, menceritakan tentang perkenalan tokoh-tokoh utama, siapa saja mereka dan bagaimana sifatnya. Lalu di volume kedua, mulai diceritakan bagaimana SSB Balebunder membentuk tim dan mengikuti turnamen nasional.

Jika dilihat dari alur ceritanya, pembuat komik menekankan pentingnya kompetisi di tingkatan usia muda dalam sepakbola Indonesia. Di mana saat ini induk organisasi sepakbola nasional memang tengah mengembangkan pendidikan sepakbola usia muda. Keberadaan SSB (Sekolah Sepak Bola) pun memiliki peran krusial bagi anak-anak sebagai tempat bertumbuh dan mengembangkan bakat sepakbola mereka hingga menuju jenjang profesional kelak.

Ide cerita yang layak diapresiasi dari pembuat komiknya. Semoga ke depannya komik Menembus Jantung Pertahanan bisa menginspirasi anak-anak Indonesia seperti halnya komik Captain Tsubasa.

Kapan Volume 3 Terbit?


Menurut info terbaru yang dibagikan melalui akun Instagram @komikmjp, Menembus Jantung Pertahanan volume 3 tengah dalam proses pengerjaan dan kemungkinan akan segera terbit dalam waktu dekat di tahun 2018. Dalam bocoran gambar sampulnya juga ada satu nama baru—Mochammad Fadli—yang sepertinya ikut menggarap komik ini.


Dapatkah SSB Balebunder menaklukkan lawan-lawannya di turnamen nasional? Akan seperti apa pertarungan sengit saat Sakti dan kawan-kawan saat bertemu dengan kesebelasan Sebelas Rajawali? Menarik untuk ditunggu bagaimana kelanjutan kisah di komik garapan Juan Vito, Salman Kuntjoro Jakti dan Mochammad Fadli ini.

Komik Menembus Jantung Pertahanan volume 1 dan 2 dapat dibeli di sini.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads