2018-02-10

Kumpulan Lagu Tentang Manchester United untuk Bangkitkan Semangat

lagu tentang manchester united

Bagi para fans Manchester United, seperti saya, alunan lagu bertajuk “Glory Glory Man United” tentu sudah tak asing lagi di telinga. Para pendukung The Red Devils, baik yang hadir langsung ke stadion maupun hanya sekadar menonton lewat tayangan televisi selalu menyanyikan lagu tentang Manchester United itu untuk mendukung para pemain di lapangan.

Lagu tersebut pun menjadi salah satu favorit saya untuk didengarkan setiap hari. Tetapi tahukah Anda bahwa selain “Glory Glory Man United”, ternyata masih banyak lagu-lagu lain yang mengusung tema Manchester United? Beberapa di antaranya sengaja dibuat oleh para fans sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap The Red Devils. Bahkan Ada pula lagu yang memang diciptakan khusus sebagai lagu resmi United.

Nah, untuk Anda pendukung setia klub Setan Merah, saya punya beberapa rekomendasi lagu tentang Manchester United yang bisa didengarkan saat waktu luang dan tentunya agar lebih mencintai klub ini.

Daftar Lagu Tentang Manchester United


1. Glory Glory Man United


Ini lagu yang saya bahas di awal tadi dan memang sudah menjadi anthem bagi publik The Red Devils. Adapun single asli “Glory Glory Man United” pertama kali dirilis oleh Manchester United jelang final Piala FA 1983, yang mana versi asli lagu ini ditulis oleh Frank Renshaw dan direkam di Strawberry Studios di Stockport. Penyanyinya adalah para pemain MU sendiri dan beberapa kerabat Renshaw, termasuk anaknya, Lee.

Jadi, lagu ini sudah dinyanyikan oleh para fans United sejak awal 1980-an dan memasuki tahun 1990-an lagu ini makin populer. Tetapi karena musiknya mengadaptasi dari lagu lain berjudul “The Battle Hymn of the Republic”, lagu “Glory Glory” ini juga akan terdengar familiar dengan beberapa lagu milik klub lain seperti Tottenham Hotspur, Leeds United dan South Sydney.

Di tahun 2007 lalu Will Robinson dan Michael Graves bersama dalam The World Red Army merilis versi penuh dari lagu “Glory Glory Man United”, yang akhirnya menjadi lagu resmi di Old Trafford.


2. The Manchester United Calypso


Kalau lagu yang satu ini sudah dirilis jauh sebelum “Glory Glory Man United” populer, bahkan sebelum tragedi kecelakaan pesawat yang menimpa The Busby Babes di Munich tahun 1958. Walaupun terkesan ‘jadul’, namun hingga kini lagu tersebut masih sangat disukai oleh para penggemar MU.

Lagu berjudul “The Manchester United Calypso” pertama kali direkam pada tahun 1955 (dirilis tahun 1957) oleh Edric Connor, seorang penyanyi Karibia kelahiran Trinidad, namun tinggal di London sejak 1944. Adapun ‘calypso’ sendiri adalah salah satu jenis musik khas masyarakat Kariba.

Lirik dalam lagu ini menceritakan bagaimana kekaguman seseorang kepada Manchester United-nya Matt Busby pada saat itu. Si penyanyi seolah mengatakan jika Anda ingin melihat permainan sepakbola terbaik, maka lihatlah Manchester United. Begini salah satu penggalan liriknya, “Whenever they’re playing in your town, you must get to that football ground. Take a lesson, come and see, football taught by Matt Busby.” Selengkapnya, dengarkan saja lagunya di bawah ini.


3. United Road (Take Me Home)


Ini juga salah satu favorit saya. Judulnya sempat ‘dipelesetkan’ saat MU lolos ke final Liga Europa musim 2016/17, menjadi “Take Me Holm”, karena pertandingannya berlangsung di Stockholm, Swedia.

"United Road (Take Me Home)" sangat populer di kalangan pendukung Manchester United. Musiknya diadaptasi dari lagu “Take Me Home, Country Roads” milik John Denver’s oleh Col Page. Selain “Glory Glory Man United”, Old Trafford juga sering memutar lagu ini. Sedangkan para pendukung MU biasanya hanya menyanyikan bagian chorus-nya saja.

Inspirasi lagu ini adalah nama jalan yang membentang di North Stand, Old Trafford, yakni United Road. Liriknya menceritakan tentang seorang fans yang rindu menyaksikan dan mendukung secara langsung para pemain Manchester United di stadion kebanggaan, The Theater of Dreams. Langsung saja dengarkan lagunya di bawah ini.


4. Come On You Reds


Lagu tentang Manchester United berikutnya adalah “Come On You Reds”, yang direkam dan dirilis secara resmi oleh Manchester United bersama grup rock Status Quo. Lagu ini pertama kali masuk UK Singles Chart pada 30 April 1994 dan mampu bertahan hingga 15 pekan, dengan sempat menduduki peringkat pertama selama dua minggu.

Baca Juga:


Menariknya, “Come On You Reds” ternyata menjadi satu-satunya lagu klub sepakbola yang mampu merebut posisi 1 di tangga lagu UK. Semua liriknya menceritakan tentang dukungan terhadap Manchester United. Sangat pas, karena lagu ini dirilis sekitar empat pekan sebelum final Piala FA 1994. “Come On You Reds” menjadi makin populer dan naik ke tangga lagu pertama setelah final tersebut, karena MU keluar sebagai pemenang.


5. United (We Love You)


Sekilas, bagian inti lagu ini mirip dengan chant yang sering diserukan para pendukung MU di stadion, “We love United, we do. Oh, United we love you.” Lagu berjudul “United (We Love You) dirilis setahun sebelum lagu “Come On You Reds”, yakni pada tahun 1993 oleh Manchester United. Namun prestasi terbaik lagu ini di UK Singles Chart hanya di posisi 37.

Tidak banyak informasi yang saya dapatkan tentang lagu ini, tapi liriknya benar-benar menggambarkan bahwa “Saya Cinta United”. Begini lagunya.


6. We’re Gonna Do It Again


Manchester United, sampai dengan 2017, telah mengoleksi 12 trofi Piala FA –yang terbanyak kedua setelah Arsenal (13)-. Nah, ternyata di tahun 90-an lalu MU selalu merilis lagu khusus jika mereka berhasil masuk ke final Piala FA. Setelah di tahun 1994 sukses menjuarai Piala FA dan membuat lagu “Come On You Reds” merajai tangga lagu di UK, setahun berikutnya MU kembali merilis lagu baru.

We’re Gonna Do It Again” menggambarkan keinginan MU untuk kembali menjuarai Piala FA di tahun 1995, setelah berhasil menembus final. Sayangnya saat itu MU kalah 1-0 dari Everton dan lagu ini hanya berhasil menduduki peringkat 6 di UK Singles Chart.


7. Move Move Move (The Red Tribe)


Belum puas karena gagal di final Piala FA 1995, MU kembali melaju ke final di tahun berikutnya. Nah, tepatnya pada 22 April 1996 dirilislah lagu berjudul “Move Move Move (The Red Tribe) oleh Manhcester United.

Setan Merah pun berhasil keluar sebagai juara lagi di tahun tersebut. Tempat terbaik lagu ini adalah di peringkat 6 UK Singles Chart, sempat menghilang, lalu masuk lagi ke chart di peringkat 50 tiga bulan kemudian. Kalau saya pribadi kurang suka dengan lagu yang satu ini, tapi lagu apapun yang bertemakan United tetap saya dengarkan.


8. Lift it High (All About Belief)


Hal apa yang paling enak dilakukan setelah berhasil merebut tiga gelar bergengsi sekaligus dalam semusim? Menyanyi? Mungkin itulah yang ada di benak para penggawa United setelah sukses meraih treble winners di tahun 1999.

Buat saya, ini menjadi salah satu lagu tentang Manchester United yang paling enak didengarkan. Apalagi kalau menonton video klipnya, di mana yang menyanyi adalah para bintang MU di masa itu. “Lift it High (All About Belief)" dirilis pada 17 Mei 1999, menyusul kesuksesan treble winners MU-nya Sir Alex Ferguson. Dinyanyikan oleh pemain-pemain seperti para anggota Class of ’92, Ole Solkjaer, Japp Stam, Michael Schmeicel, Dwight Yorke, dan kawan-kawan, lagu ini sempat mencapai peringkat ke-11, lho, dan bertahan selama tujuh minggu di UK Singles Chart.


9. Red Is The Man (Sir Alex Ferguson)


Berikutnya adalah lagu tentang sang manajer legendaris dan pujaan para pendukung United, Sir Alex Ferguson. Lagu ini dinyanyikan oleh The World Red Army featuring Fabrian Goroncy, diproduksi oleh Will Robinson dan Michael Graves. Liriknya ditulis oleh cukup banyak orang, tetapi yang jelas lagu “Red Is The Man” menceritakan tentang Sir Alex Ferguson dan bagaimana para fans MU begitu memujanya.

Liriknya sederhana, namun benar-benar membuat saya rindu pada masa kejayaan MU di era Sir Alex Ferguson.


10. Song for the Champions


Untuk menutup daftar lagu tentang Manchester United ini, saya pilih lagu berjudul “Song for the Champions”. Saya sendiri belum menemukan informasi valid mengenai siapa penulis lagunya dan siapa penyanyinya. Lagu ini seperti medley atau gabungan dari banyak chant tentang pemain dan dukungan untuk klub yang dinyanyikan oleh para fans.

Song for the Champions” didedikasikan pada gelar juara liga yang ke-19 untuk Manchester United pada tahun 2011 lalu. Di mana itu berarti United berhasil melewati rekor Liverpool dengan 18 gelarnya. Tidak heran kalau para pendukung The Red Devils begitu bahagia dan berjingkrak kegirangan sambil menyanyikan lagu ini. Tidak usah berlama-lama lagi, ini dia “Song for the Champions”.


Nah, itu tadi adalah kumpulan lagu tentang Manchester United yang sering saya dengarkan selama ini. Cocok untuk didengarkan saat MU menang ataupun kalah, karena bisa menambah semangat menjalani hari. Jika Anda ingin mendengarkan lebih banyak lagi lagu-lagu atau chant pendukung Manchester United, silakan kunjungi channel YouTube “The World Red Army”, di sana banyak lagu dan chant pendukung MU yang pastinya enak didengarkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya!
Load disqus comments
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar