2018-01-17

Para Pemain Berjuluk ‘Unsung Hero’ di Era Sepakbola Modern

unsung hero sepakbola

Jagat persepakbolaan dapat diibaratkan sebagai sebuah panggung yang dipenuhi bintang-bintang. Setiap nama mempunyai ketenarannya masing-masing untuk kemudian mendapatkan sorotan dari publik. Akan tetapi, bukan berarti hanya pemain berlabel bintang saja yang paling terampil dan selalu menjadi andalan bagi sebuah tim.

Buktinya, ada pemain-pemain -yang meskipun tidak berstatus sebagai pemain bintang- namun mempunyai peran krusial dalam sebuah tim. Merekalah yang biasanya dijuluki “unsung hero” atau bisa diartikan sebagai “pahlawan yang tak dikenal”. Nah, dalam sepakbola modern, ada beberapa unsung hero terbaik yang pernah atau masih bermain hingga kini. Mungkin enam di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Esteban Cambiasso


Embed from Getty Images

Esteban Cambiasso datang ke Inter Milan pada tahun 2004 setelah sebelumnya berseragam Real Madrid sejak tahun 2002. Pada musim pertamanya, Cambiasso segera mendapatkan tempat utama sekaligus berhasil membawa Inter merebut gelar juara Coppa Italia setelah di final mengalahkan AS Roma.

Cambiasso pun akhirnya bertahan selama 10 tahun di Inter dan mencatatkan 315 penampilan dengan kontribusi 41 gol. Ia adalah pemain penting di Inter dan turut membawa Nerazzurri memenangi treble winners pada musim 2009/2010 di bawah asuhan Jose Mourinho. Akan tetapi, nama pemain kelahiran 18 Agustus 1980 ini ternyata masih kalah bersinar dengan bintang-bintang Inter lain, yang bermain bersamanya selama di Giuseppe Meazza.

2. Edin Dzeko


Embed from Getty Images

Sejak kedatangannya ke Manchester City pada musim 2011/2012, nama Edin Dzeko terus berada di bawah bayang-bayang Sergio Aguero. Selain Aguero, Dzeko juga harus bersaing ketat untuk mendapatkan tempat utama dengan pemain-pemain seperti Carlos Tevez dan Mario Balotelli di musim pertamanya. Jadi, tidak heran jika kemudian ia seringkali harus memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Akan tetapi, meskipun waktu bermainnya tidak maksimal, nyatanya Dzeko adalah pemain yang tajam. Ia seringkali menjadi supersub dan punya peran penting dalam mengantarkan The Citizens meraih dua gelar Premier League.

3. Rafael Marquez


Embed from Getty Images

Rafael Marquez menjadi pemain asal Meksiko pertama yang memenangi gelar Liga Champions, yaitu ketika Barcelona mengalahkan Arsenal di final pada tahun 2006. Di Camp Nou, Marquez menjadi pemain yang penting di lini belakang La Blaugrana. Hal itu terbukti dari jumlah penampilannya yang mencapai lebih dari 200 pertandingan dalam jangka waktu tujuh tahun. Akan tetapi Marquez -yang hingga kini masih dianggap sebagai pemain belakang terbaik Meksiko- tidak pernah mendapatkan ketenaran seperti yang didapatkan beberapa rekannya seperti Carles Puyol di Barcelona.

4. Guti Hernandez


Embed from Getty Images

Pemain lulusan akademi Real Madrid memulai kariernya dari Real Madrid C, lalu ke Real Madrid B sampai akhirnya menembus skuat utama pada tahun 1995. Pemain bernomor punggung 14 ini mencatatkan penampilan sebanyak 542 kali bersama El Real. Kesuksesannya bersama Madrid bisa dibilang sangat lengkap. Hanya saja, namanya tidak pernah secemerlang bintang-bintang Los Blancos yang pernah bermain bersamanya, semisal Luis Figo, Zinedine Zidane atau Raul Gonzalez..

5. Park Ji-Sung


Embed from Getty Images

Park disebut-sebut sebagai salah satu pemain Asia tersukses di Premier League, bahkan di Eropa. Kontribusinya untuk Manchester United dinilai sangat krusial, apalagi dengan keunggulan staminanya yang di atas rata-rata. Pengabdiannya selama tujuh tahun di Old Trafford pun terbilang sangat sukses dengan banyak gelar yang berhasil diraih.
unsung hero sepakbola
Headline sebuah surat kabar tentang Park Ji-Sung sang unsung hero.

Namanya harum di Asia terutama di negara asalnya, Korea Selatan. Namun pamornya selama bermain di MU tak pernah setinggi pemain-pemain bintang ‘Setan Merah’ lain yang seangkatan dengannya. Sebut saja seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, dan beberapa nama beken lainnya.

6. Gilberto Silva


Embed from Getty Images

Nama Gilbero Silva mungkin tak setenar Patrick Vieira atau Thierry Henry ketika kita membicarakan kesuksesan Arsenal memenangi Premier League di musim 2004/2005. Ia memang tidak mempunyai skill tinggi seperti pemain Brasil kebanyakan. Akan tetapi perannya sebagai gelandang bertahan yang kuat dan tak tergantikan di Arsenal tidak terelakkan lagi.

Silva sukses mengantarkan Tim Meriam London mendapat julukan The Invicible Team kala itu lantaran tidak terkalahkan selama satu musim liga dan keluar sebagai juara. Di era saat ini, peran Gilberto Silva mungkin sedikit banyak mirip dengan gelandang bertahan asal Brasil milik Real Madrid, Casemiro.

Bagaimana? Setuju dengan enam unsung hero terbaik yang pernah dan masih bermain di jagat sepakbola modern tadi? Mungkin di masa lalu ada banyak nama-nama tak beken lain, yang sebenarnya punya peran sangat penting buat tim tapi tidak terlalu disorot. Atau kalian punya nama pesepakbola lain yang lebih layak disebut unsung hero? Coba sebutkan di kolom komentar, ya.
Load disqus comments
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar