2017-07-12

Pengertian Free Hit pada Fantasy Premier League (FPL)

pengertian free hit di fantasy premier league
Foto: BBC.co.uk

Fantasy Premier League (FPL) akhirnya kembali lagi jelang bergulirnya musim kompetisi 2017/18. Kali ini, pengembang game simulasi manajer klub sepakbola Liga Primer Inggris itu menambahkan fitur baru bernama Free Hit. Ini adalah chip baru yang mulai musim depan akan menggantikan All Out Attack. Dengan begitu, tetap akan ada empat chip yang bisa digunakan oleh para manajer sepanjang musim, yaitu Wildcard, Triple Captain dan Bench Boost.

Apa pengertian Free Hit pada Fantasy Premier League (FPL)? Sebenarnya fungsi Free Hit mirip dengan Wildcard, yaitu membuat manajer bisa melakukan transfer tak terbatas pada satu gameweek. Seperti diketahui, kalian biasanya hanya bisa melakukan satu transfer bebas di setiap gameweek. Jika ingin melakukan transfer kedua, ketiga dan seterusnya, kalian harus rela total poin mereka dipotong 4 poin per transfer.

Kembali pada penjelasan Free Hit, chip ini memungkinkan kalian mengganti seluruh pemain yang ada di skuat kalian. Akan tetapi, para pemain yang ditransfer menggunakan Free Hit ini hanya akan bertahan selama satu gameweek saja. Sedangkan pada gameweek berikutnya, 15 pemain kalian sebelumnya akan kembali lagi.

Contoh:

Kalian menggunakan Free Hit di gameweek 2. Setelah melakukan beberapa transfer pemain, maka terbentuklah skuat baru kalian. Setelah gameweek 2 berakhir, kalian bisa melihat hasil poin yang diperoleh skuat baru dengan Free Hit di menu ‘Points’. Akan tetapi ketika memasuki deadline berikutnya, skuat lama kalian akan kembali lagi.

Seperti halnya Wildcard, transfer yang sudah dikonfirmasi menggunakan Free Hit juga tidak bisa dibatalkan. Pada skuat baru Free Hit, kalian juga tidak bisa mengambil keuntungan dari perubahan harga pemain. Perubahan harga hanya akan berpengaruh pada skuat sebelumnya setelah chip selesai digunakan.

pengertian free hit di fantasy premier league

Free Hit untuk Mengatasi Pertandingan Tunda


Dikarenakan Free Hit hanya berlaku sementara, maka chip ini bisa menjadi salah satu strategi para manajer FPL untuk memperbaiki skuatnya yang berlubang karena ditinggal pemain-pemain yang absen, misal karena cedera, suspensi kartu atau pertandingan tunda.

Misalnya saja di pertandingan musim lalu, ada satu gameweek di mana beberapa klub tidak bertanding karena harus menjalani partai lanjutan Piala FA atau kompetisi lainnya. Alhasil, beberapa pemain yang absen di gameweek tersebut juga tidak mendapatkan poin.

Nah, dengan Free Hit, maka kalian bisa mengganti susunan line-up untuk sementara dengan pemain-pemain baru yang sudah pasti akan bertanding pada gameweek tersebut.

Perencanaan Ulang Double Gameweek


Double gameweek menjadi salah satu momen paling ditunggu para manajer FPL, karena skuat mereka bisa mendapatkan poin tambahan dari beberapa pemain yang bermain dua kali dalam sepekan. Biasanya, double gameweek terjadi karena ada pertandingan yang sempat ditunda pada pekan-pekan sebelumnya.

Saat double gameweek, kalian bisa memanfaatkan Free Hit untuk memaksimalkan jumlah pemain di skuat kalian yang kiranya mempunyai prospek bagus dalam dua pertandingan berturut-turut. Keberadaan Chip ini juga sekaligus membuat para manajer FPL harus berpikir ulang tentang kapan harus menggunakan dua chip Wildcard di masing-masing paruh musim.
Load disqus comments

0 komentar