2018-04-23

INDECKTION is Coming!


Tahun 2014 saya menemukan sebuah ide permainan sulap. Ide itu muncul begitu saja dan sulit menghilang dari pikiran. Itu pula yang sempat membuat saya tidak bisa tidur selama beberapa malam, karena memikirkan metode apa yang bisa mewujudkan ide tersebut. Pada prosesnya, saya pun mulai menemukan metode dan nama yang cocok untuk menginterpretasikan permainan tersebut, yaitu INDECKTION.

Sampai dengan pertengahan tahun 2015, saya masih menggunakan metode yang saya temukan pertama kali sambil terus mengembangkannya. Kemudian saya sempat membiarkan INDECKTION hanya menjadi draft selama sekitar satu setengah tahun. Hingga pada penghujung tahun 2017, saya terpikirkan sebuah metode baru untuk menciptakan efek yang lebih bagus dengan gagasan yang sama.

Ide Permainan dan Efek


INDECKTION adalah akronim dari tiga buah kata dalam bahasa Inggris yaitu IN-DECK-PREDICTION. Efek yang dihasilkan pun sesuai dengan tajuk permainannya, prediksi di dalam dek kartu.

INDECKTION terinspirasi dari salah satu teknik forcing bernama magician choice atau equivocation. Ini adalah teknik forcing serbaguna yang bisa diterapkan dengan berbagai media, bahkan dalam jumlah yang banyak. Sedangkan dalam penerapannya dengan kartu remi, biasanya pesulap ‘memaksa’ penonton untuk memilih sebuah kartu melalui beberapa tahapan eliminasi mulai dari warna, lambang hingga nilai kartunya.

Bedanya, dalam permainan ini Anda tidak perlu melakukan forcing. Penonton bebas memilih, lalu penonton pula yang membuka sendiri kartu pilihannya dari tumpukan kartu. Selain itu permainan ini juga fleksibel karena tidak hanya terpaku pada satu jenis presentasi saja. Anda bisa mengembangkan presentasinya dengan gaya dan cerita Anda sendiri.

Ide permainannya sederhana, pesulap mengubah plot dalam permainan sulap kartu dimana biasanya penonton yang memilih sebuah kartu dari tumpukan lalu pesulap menebak kartu pilihan penonton. Tetapi dalam permainan ini penonton yang diminta untuk menebak sebuah kartu pilihan pesulap.

Efeknya, sebelum bertemu dengan penonton, pesulap telah memilih satu kartu dan menyimpannya di dalam tumpukan. Penonton lalu diminta untuk menebak kartu apa yang dipilih pesulap. Setelah melewati beberapa tahap pemilihan yang BEBAS tanpa paksaan, mulai dari warna, lambang dan nilai kartunya, penonton pun berhasil menebak kartu apa yang dipilih pesulap sekaligus menebak dimana letaknya di dalam tumpukan kartu.


Tingkat Kesulitan: 6.5/10


Tingkat kesulitan 6.5/10 berarti tidak terlalu sulit. Saya bisa katakan permainan ini ada di level menengah. Tidak ada kecepatan tangan yang perlu Anda lakukan, tetapi Anda harus cermat dalam mempresentasikan INDECKTION.


Sampul depan dan belakang buku INDECKTION.


Setelah MATH-TRICK DECK di tahun 2015, ini menjadi salah satu karya yang sangat saya banggakan dalam dunia invensi sulap dan semoga bisa menjadi sumbangsih positif untuk sulap di Indonesia. Transkrip penjelasan INDECKTION saat ini hanya saya publikasikan dalam bentuk buku digital (e-book), namun tidak menutup kemungkinan akan saya produksi dalam bentuk cetak ke depannya.

Saya berharap banyak pencinta sulap yang mengapresiasi karya saya ini, lebih-lebih juga bisa menginspirasi teman-teman pesulap lain untuk menyumbangkan karyanya. Bukan hanya dalam bentuk invensi, tetapi juga hal-hal lain yang masih mencakup dunia sulap.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari permainan INDECKTION, Anda bisa langsung menghubungi saya atau toko MINDSTORE.
Load disqus comments
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar