Selasa, 02 Mei 2017

Krisis Besar United Jelang Akhir Musim

Foto: Manchester Evening News
Manchester United baru saja memecahkan rekor klub, dengan menjalani 25 pertandingan beruntun di Premier League tanpa terkalahkan dalam satu musim. Mengalahkan rekor sebelumnya, yakni 24 pertandingan tak terkalahkan, saat United masih ditangani Sir Alex Ferguson pada musim 2010/11 lalu. Sementara itu, musim 2016/17 masih menyisakan empat pertandingan lagi bagi Setan Merah. Mereka juga masih harus melakoni dua leg pertandingan kontra Celta Vigo di semi final Liga Europa. Namun, menuju akhir musim krisis besar justru melanda tim besutan Jose Mourinho ini.

Bagaimana tidak, mendekati laga leg pertama semi final Liga Europa pada Jumat (5/5) dinihari WIB, MU masih harus kehilangan setidaknya delapan pemain mereka harus absen akibat cedera. Terbaru, Luke Shaw dan Eric Bailly menambah panjang daftar cedera pemain United dalam pertandingan kontra Swansea City di Old Trafford, pada Minggu (30/4) malam WIB.



Keduanya mengalami cedera engkel dan belum dipastikan kapan keduanya akan kembali. Mourinho pun merasa cemas terutama dengan cedera yang dialami Shaw. Hanya bertahan selama 10 menit di lapangan, Mou merasa kalau cedera yang dialami pemainnya itu memang sangat buruk.

Lini pertahanan pun menjadi yang paling keropos bagi Manchester United saat ini. Praktis hanya Daley Blind, bek tengah senior yang tersisa dan siap untuk dimainkan di laga kontra Celta Vigo tengah pekan ini. Pasalnya, sebelum Bailly, Marcos Rojo, Phil Jones dan Chris Smalling sudah terlebih dahulu menepi akibat cedera. Ditambah dengan tidak adanya Tim Fosu-Mensah dan Luke Shaw, yang makin menambah lengkap daftar cedera bek United.



Sejatinya, posisi Blind adalah seorang gelandang. Ia juga lebih sering diplot sebagai bek kiri ketimbang bek tengah. Tapi setidaknya dalam tiga laga terakhir yang dijalani United, Blind membuktikan ketangguhannya menjaga kedalaman pertahanan timnya saat diduetkan dengan Bailly.

Beruntung, semakin parahnya krisis di lini belakang MU tidak diikuti dengan krisis pemain di lini tengah, yang perlahan mulai membaik. Gelandang asal Spanyol, Juan Mata sudah pulih dari cederanya dan telah berada dalam skuat United di laga kontra Swansea lalu. Walau, pada akhirnya Mata hanya duduk di bangku cadangan.

Tapi, setelah laga tersebut Mata tampak melakukan sesi latihan khusus bersama seorang pelatih di atas lapangan Old Trafford. Laga kontra Celta di Liga Europa pun diharapkan menjadi momentum comeback bagi Mata. Duet Juan-Der (Mata dan Ander Herrera) atau Micky-Mata pun sangat dinanti-nantikan para fans The Red Devils.



Di sisi lain, gelandang MU lainnya, Paul Pogba, juga diprediksi akan kembali bermain di partai semi final leg pertama Liga Europa kelak. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Mourinho, yang juga sengaja menyimpan Pogba pada laga melawan Swansea, agar bisa fit sepenuhnya saat United berkunjung ke markas Celta Vigo di Spanyol.

Sementara untuk ajang domestik, Manchester United masih belum bisa menurunkan Marouane Fellaini dalam dua pertandingan ke depan atau saat menghadapi Arsenal dan Tottenham Hotspur. Gelandang asal Belgia itu terkena sanksi larangan bertanding di tiga laga karena kartu merah yang didapat saat melawan Manchester City tengah pekan lalu.

Terlepas dari itu semua, ternyata badai cedera tidak hanya terjadi di tim senior Manchester United saja, tapi juga terjadi di tim U-23 dan U-18. Total ada 22 pemain MU di semua level yang absen karena cedera atau sanksi. Berikut daftar selengkapnya.


Load disqus comments

0 komentar