2017-08-25

Grup yang ‘Tricky’ untuk MU di Liga Champions 2017/18

manchester united
Foto: AS

Setelah berhasil menjuarai Liga Europa musim 2016/17, Manchester United akhirnya kembali ke rutinitas mereka, yaitu tampil di Liga Champions. Anthem Liga Champions akan kembali terdengar di Old Trafford mulai bulan September nanti.

Adapun pengundian babak grup kompetisi antarklub paling bergengsi di benua Eropa ini telah dilakukan pada Jumat (25/8/2017) dinihari WIB. Manchester United tergabung dalam grup yang cukup tricky. Tim besutan Jose Mourinho masuk ke dalam Grup A, bersama Benfica, FC Basel dan CSKA Moscow.


Dikatakan tricky, karena Manchester United boleh saja memandang grup ini sebagai grup yang mudah. Namun, bukan berarti ketiga klub pesaing mereka tidak bisa membuat kejutan. MU harus berkaca pada pengalaman mereka di Liga Europa musim lalu, di mana nyaris tidak lolos dari penyisihan grup.

Sekilas Tentang Lawan-Lawan United


Secara kualitas dan pengalaman, Benfica mungkin akan menjadi lawan tersulit MU di Grup A. Bahkan 50 tahun lalu, Benfica pernah menjadi lawan MU di partai puncak European Cup (Liga Champions), yang akhirnya dimenangkan oleh Setan Merah. Total ada sembilan pertemuan kompetitif yang pernah dijalani kedua tim selama ini.

Menariknya, United dan Benfica akan punya keterikatan yang erat. Sebab, klub Portugal itu baru saja menjual salah satu bek mereka, Victor Lindelof, ke kubu Setan Merah di musim panas ini. Di sisi lain, Nemanja Matic juga pernah menjadi bagian dari klub asal Kota Lisbon itu. Lebih istimewa lagi karena Jose Mourinho pun sempat melatih Benfica di tahun 2000, setelah sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih.

Sementara itu FC Basel adalah juara Liga Swiss, yang pernah mengalahkan Manchester United di tahun 2011 silam, saat masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson. Oleh karena itu, meski Basel menjadi tim kuda hitam di Grup A, namun MU tidak boleh memandang sebelah mata tim bimbingan Raphael Wicky ini.

Pengundian untuk slot terakhir di Grup A dilakukan oleh dua legenda Liga Champions, yaitu Francesco Totti dan Andriy Shevchenko. Pilihan jatuh pada CSKA Moscow, yang juga tidak bisa dianggap remeh oleh MU. Musim lalu saja, Setan Merah sempat kewalahan saat harus melayani wakil rusia lainnya di Liga Europa, FC Rostov.
Klasemen akhir Grup C Liga Champions 2011/12 (Wikipedia).
Perlu diingat, grup yang nyaris sama pernah membuat Manchester United tersingkir dari penyisihan grup Liga Champions musim 2011/12. Saat itu United berada satu grup dengan Benfica, Basel dan satu klub non-unggulan, Otelul Galati. Benfica dan Basel berhasil keluar sebagai juara dan runner-up grup, sementara skuat asuhan Ferguson secara menyedihkan hanya mampu finis di posisi ketiga dan harus bermain di kompetisi Liga Europa.

Berikut pembagian grup Liga Champions selengkapnya.

manchester united

* Penyisihan grup akan berlangsung mulai 12 September-6 Desember 2017.
* Jadwal pertandingan penyisihan grup Manchester United bisa dilihat di sini.
Load disqus comments

0 komentar