2017-08-24

Tersingkir dari AGT Bukan Akhir, Demian Tetap Membanggakan!

demian aditya
Foto: NBC

America’s Got Talent (AGT) 2017 telah memasuki babak quarterfinal (live show). Pada minggu lalu dari 12 kontestan, lima di antaranya harus gugur dan menyisakan tujuh yang melaju ke semifinal. Awal minggu ini, giliran 12 kontestan lain yang tampil untuk memperebutkan tujuh tempat di babak berikutnya. Ilusionis asal Indonesia, Demian Aditya, termasuk di dalamnya.

Masyarakat Indonesia memang tidak bisa menonton langsung penampilan Demian di stasiun TV NBC. Saya pun hanya menonton penampilan Demian dari channel Youtube America’s Got Talent, yang diunggah beberapa saat setelahnya.

Sama seperti pada dua penampilan sebelumnya, Demian Aditya selalu bikin penontonnya deg-degan. Di babak quarterfinal week 2 ini, saya pun yakin Demian akan melakukan aksi yang lebih menegangkan ketimbang yang sebelumnya.

Jalannya Pertunjukan Demian Aditya


Benar saja, alur permainan Demian kali ini memang lebih berbahaya. Dia masuk ke sebuah peti yang digantung di ketinggian. Peti tersebut ditahan oleh tali, yang nantinya akan dibakar, perlahan-lahan putus dan membuat peti jatuh ke bawah. Jika peti kayu yang ditempati Demian jatuh, maka akan langsung menghantam tiga buah besi di bawahnya, yang sudah diselimuti api juga.

demian aditya

demian aditya

demian aditya

Pada bagian atas petinya terdapat dua buah lubang yang digunakan demian untuk menunjukkan aksinya. Kedua tangannya diborgol, lalu seluruh sisi petinya dikunci dengan paku. Pertunjukan awalnya berjalan sesuai rencana. Borgol di kedua tangan Demian berhasil terlepas. Sampai akhirnya, hal yang tidak diinginkan itu terjadi.

Entah apa yang berlangsung di tengah-tengah permainan Demian. Terjadi sebuah kesalahan teknis yang menyebabkan penonton dan para juri bertanya-tanya, termasuk saya. Saya sempat mengira ini adalah bagian dari permainan. Tapi lama kelamaan, saya yakin bahwa itu memang murni kesalahan teknis yang tidak diduga oleh Demian dan para krunya.

demian aditya
Peti tersangkut dan tidak terjun ke bawah.

Peti yang harusnya direncanakan langsung terjun dan menghantam besi-besi yang ada di bawahnya, ternyata tersangkut di atas setelah turun hanya beberapa sentimeter. Dua orang juri yang mungkin merasa kecewa pun langsung menekan tombol buzzer (X), yaitu Simon Cowell dan Mel B. Sementara Heidi Klum dan Howie Mendel masih bersabar menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Semua mengira Demian masih terjebak di dalam peti yang tergantung di atas. Seperti biasanya, Demian lalu mengejutkan penonton dan para juri dengan muncul di belakang meja juri. Tapi itu tidak cukup menyelamatkan penampilannya, karena sambutan yang diberikan tidak seantusias pada dua penampilannya yang lalu.

Antara Kecewa dan Sedih, Tapi Tetap Bangga


Sejujurnya saya merasa sedih atas apa yang terjadi dengan Demian. Saya bisa membayangkan apa yang seharusnya terjadi jika semua berjalan sesuai rencana. Tapi rencana tinggal rencana. Segala hal memang mungkin terjadi dalam sebuah pertunjukan langsung (live show). Sayangnya, kesalahan teknis yang terjadi pada Demian datang di waktu yang tidak tepat.

Di babak quarterfinal ini, Demian harusnya menjadi sorotan dari publik Amerika Serikat dan dunia untuk mendapat vote sebanyak-banyaknya. Namun, kegagalan itu tak dipungkiri cukup mengecewakan para penonton yang kemudian kurang memberi atensi padanya.

Meski demikian, Indonesia tidak sepantasnya kecewa dengan Demian Aditya. Kita harus tetap bangga dan memberi dukungan pada ilusionis yang sudah jauh-jauh pergi ke Amerika untuk mengharumkan nama Indonesia. Tidak ada yang menyangka sebelumnya, ada seseorang dari Indonesia bisa masuk dalam daftar kontestan yang lolos sampai ke babak live show di ajang pencarian bakat sebesar America’s Got Talent.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinyanya, Demian pun sebenarnya mengaku masih belum mau pulang dan ingin terus menunjukkan aksi-aksi berbahaya lainnya di AGT. Namun masyarakat yang memberi vote berkata lain. Jumlah vote untuknya masih belum cukup untuk mengantarkan Demian melaju ke babak semifinal.



Terima kasih Demian Aditya, karena telah membawa nama Indonesia di pentas internasional dan atas segala perjuanganmu!

Thank you America, thank you @agt, it’s been a wonderful experience. Now it’s time for me to go home. I will keep doing things that I love most, beeing in death-defying moment, because that’s what keeps me alive.” ~Demian Aditya
Load disqus comments

0 komentar