2017-07-06

Milestones yang Bisa Jadi Target MU di Musim 2017/18

manchester united
Foto: Manutd.com

Manchester United menjadi klub tersibuk di Eropa musim lalu dengan menjalani total 64 pertandingan di semua ajang. Pasalnya selain bertanding di Premier League, The Red Devils juga ikut serta dalam dua piala domestik (Piala FA dan Piala Liga Inggris), serta Liga Europa. Bahkan di awal musim, United juga mengawali musim lebih awal dengan menghadapi Leicester City di Community Shield.

Dari total lima trofi yang mungkin untuk didapat musim lalu, MU ‘hanya’ meraih tiga di antaranya, yaitu Community Shield, Piala Liga Inggris dan Liga Europa. Walau dua trofi domestik yang diraih United hanya sebatas trofi minor alias tidak terlalu diperhitungkan, namun raihan trofi Liga Europa membuat United telah melengkapi seluruh trofi mayor yang bisa mereka raih di level klub.

mancehster united

Selain itu, musim lalu Manchester United juga membuat beberapa milestones atau tonggak sejarah baru. MU mengawali musim dengan meraih trofi Community Shield ke-17. Jumlah itu menjadikan MU sebagai pengoleksi shield terbanyak dibanding klub Inggris lainnya, dengan Arsenal menjadi pesaing paling dekat (13).

Memasuki pertengahan musim, MU melanjutkan eksistensi mereka dengan berhasil membuat beberapa rekor. Setan Merah menjadi klub Inggris pertama yang mengumpulkan 2.000 poin di era Premier League. MU juga menjadi klub pertama yang berhasil meraih 600 kemenangan di Premier League, serta merangkai pertandingan tanpa terkalahkan terpanjang dalam sejarah klub (24).

Di musim 2017/18 mendatang, Manchester United ternyata juga berpeluang membuat beberapa tonggak sejarah lainnya. Apa saja?

Gelar Juara Liga ke-21


manchester united

Persaingan gelar juara Premier League musim depan memang diperkirakan bakal semakin ketat. Akan tetapi, seandainya MU berhasil keluar sebagai pemenang, maka itu akan jadi titel ke-21 bagi United. Jumlah ini sekaligus mempertegas dominasi MU di kasta tertinggi Liga Inggris. Jika hal ini terjadi pula, maka Jose Mourinho juga akan menjadi pelatih tersukses kedua di Premier League setelah Sir Alex Ferguson.

Mengejar Rekor Piala FA


manchester united

Setelah menjuarai Piala FA di musim 2015/16, Manchester United sebenarnya sudah berhasil menyamai rekor Arsenal dengan raihan 12 gelar. Akan tetapi The Gunners berhasil menambah koleksi trofi mereka menjadi 13 berkat kemenangan atas Chelsea di final Piala FA bulan Mei 2017 lalu. Oleh karena itu, Piala FA juga bisa menjadi target Mourinho musim depan.

Mempertahankan Gelar Piala Liga?


manchester united

Selama ini klub-klub besar Inggris memang memandang Piala Liga sebagai kompetisi yang tidak terlalu penting. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi United jika mereka juga memasang target untuk mempertahankan gelar juara Piala Liga. Sekadar informasi saja, Piala Liga Inggris yang musim lalu bernama EFL Cup akan berganti nama menjadi Carabao Cup musim depan. Dengan nama baru, akankah terlahir juara yang sama?

Juara Liga Champions!


manchester united

Di luar kompetisi domestik, Manchester United juga berpeluang menyabet gelar juara di kompetisi elit Eropa, yakni Liga Champions. Jika trofi tersebut berhasil mereka dapatkan, maka itu akan menjadi trofi keempat bagi United. Memang sulit untuk mewujudkannya, tapi Jose Mourinho selama ini dikenal sebagai pelatih yang cukup akrab dengan trofi Liga Champions, bukan? Pengundian babak grup Liga Champions baru akan diadakan pada 24 Agustus mendatang.

Trofi Kedua Piala Super Eropa


manchester united

Piala Super Eropa akan menjadi pertandingan resmi paling awal United di musim 2017/18. Lawan yang akan dihadapi adalah mantan klub asuhan Jose Mourinho, Real Madrid. Di pertandingan ini, United berpeluang memperoleh trofi Piala Super Eropa kedua mereka. Adapun kali terakhir MU meraih trofi itu adalah di tahun 1991 silam.

Akan tetapi, pertandingan yang bakal digelar di Masedonia pada 8 Agustus kelak jelas bukan sebuah pertandingan yang mudah bagi MU. Perlu diingat bahwa Real Madrid adalah juara La Liga dan Liga Champions musim lalu. Sebelumnya, kedua tim juga akan bertemu di Amerika Serikat dalam pertandingan pramusim.

1.000 Pertandingan di Premier League


Di antara beberapa milestones yang mungkin diraih United, ada satu tonggak sejarah yang sudah pasti akan tercapai. Itu adalah pertandingan ke-1.000 bagi The Red Devils di ajang Premier League. Pertandingan itu akan tersaji pada 13 Mei 2018 atau pada pertandingan terakhir liga, ketika MU menghadapi Watford di Old Trafford. Sejauh ini, MU sudah memainkan 962 pertandingan sejak era Premier League dimulai pada tahun 1992.

Menarik untuk ditunggu, kira-kira milestones mana yang bisa diraih oleh Manchester United seiring dengan berjalannya musim 2017/18 nanti. Apalagi saat ini jendela transfer pemain juga masih dibuka hingga 31 Agustus 2017. Beberapa pemain baru juga masih bisa didatangkan oleh manajemen untuk memperkuat tim dan semakin memperlebar jalan menuju milestones yang tadi disebutkan.
Load disqus comments

0 komentar