Minggu, 23 April 2017

Faktanya, Paul Pogba adalah Pengumpan Terbaik di Premier League

Foto: mirror.co.uk
Sejak kepulangannya ke Manhcester United, Paul Pogba memang tak pernah lepas dari berbagai kritikan. Hal seperti itu memang sangat lazim dialami oleh seorang pemain yang mempunyai nilai transfer selangit. Akan tetapi, keraguan publik terhadap gelandang asal Prancis ini nampaknya terlalu sering dibesar-besarkan oleh media. Padahal, jika melihat statistik performa Pogba sepanjang musim ini, penampilannya terbilang fantastis.

Nilai transfer Paul Pogba yang tinggi jelas membuat publik berekspektasi sangat tinggi pula terhadap performa Pogba di atas lapangan. Gelontoran gol pun terus dinantikan lahir dari kaki Pogba di setiap pertandingan. Pada kenyataannya Pogba adalah seorang gelandang, yang mana tugas utamanya bukanlah mencetak gol. Walau demikian, sejauh musim ini berjalan setidaknya ia sudah menceploskan tujuh gol di semua ajang.

Akan tetapi ada satu hal yang menarik di tengah kritikan publik yang selalu dialamatkan kepadanya. Pogba berhasil membuktikan diri sebagai pengumpan terbaik di Premier League. Ya, gelandang Manchester United ini memang dikenal mempunyai umpan-umpan akurat dan memanjakan para pemain depan ataupun pemain sayap. Apalagi gocekan serta penguasaan bolanya juga sangat ciamik. Hal itu sangat mendukung pergerakan Pogba saat akan melepas umpan ke rekannya.



Tercatat, Paul Pogba telah mencatatkan umpan sukses dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemain Premier League lainnya di musim 2016/17 ini. Pogba sukses melewati catatan Jordan henderson, setelah laga kontra Chelsea akhir pekan lalu (16/4). Berbarengan dengan kemenangan 2-0 yang diraih United atas The Blues di Old Trafford, pemain asal Prancis total telah mencatatkan 2.071 umpan sukses, berbanding 2.057 umpan sukses yang dibuat Henderson.

Dari keseluruhan 28 penampilannya di liga, itu artinya Pogba melepas rata-rata 74 umpan sukses per laga sejak kedatangannya dari Juventus di musim panas 2016 lalu. Jumlah itu pun masih bisa bertambah di akhir pekan ini (23/4), apabila Jose Mourinho memainkan Pogba dalam kunjungan United ke markas Burnley, di Turf Moor Stadium.

Pelayan yang Baik untuk Ibrahimovic dan Rashford


Dari sekian banyak umpan sukses yang dilepaskannya, Pogba berhasil mencatatkan 156 umpan panjang impresif dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Ditambah selama ini ia telah melepas 36 umpan silang dan 26 umpan terobosan, yang ditujukkan untuk Zlatan Ibrahimovic dan Marcus Rashford.

Catatan umpan Pogba ini juga menjadi yang terbanyak di Liga Europa, serta menjadi satu dari dua pemain United, yang masuk dalam jajaran lima besar pengumpan terbaik di Premier League, bersama dengan Ander Herrera (1.853 umpan). Selain itu ada pula dua pemain Chelsea, yakni N’Golo Kante (1.899 umpan) dan Cesar Azpilicueta (2.028 umpan).

Dengan membukukan jumlah umpan sukses terbanyak, tujuh gol dan lima assist sepanjang musim ini (sejauh ini), jadi faktanya Paul Pogba layak disebut sebagai pengumpan terbaik di Premier League. Seperti yang pernah dikatakan Jose Mourinho sebelumnya, suatu saat harga mahal Paul Pogba pasti akan terasa sangat murah, mengingat kualitas dan performa apik yang selama ini disuguhkan oleh sang pemain.



Sumber:
ManUtd.com
Transfermarkt.com
Load disqus comments

0 komentar